Home / Panduan Bisnis / Panduan memanfaatkan Instagram untuk bisnis (pendahuluan)

Panduan memanfaatkan Instagram untuk bisnis (pendahuluan)

Bab 0 : Pendahuluan

pixabay

Indonesia memiliki jumlah pengguna internet sekitar 130  juta orang. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan orang-orang saat menggunakan internet, salah satunya mengakses media sosial.

Sangat banyak sekali media sosial yang masuk ke Indonesia. Mulai dari facebook, twitter, instagram, line, whastapp, dan lainnya.

Setiap media sosial memiliki fitur dan fungsi yang berbeda. Seperti whatsapp dengan fitur  mempermudah orang untuk saling mengirim pesan atau instagram dengan fitur berbagi foto yang mudah untuk dilihat oleh orang lain.

Canggihnya fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi media sosial, orang-orang memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Salah satunya untuk keperluan bisnis.

Media sosial untuk bisnis

Banyak orang di Indonesia yang memanfaatkan media sosial sebagai media marketing untuk bisnisnya.

Hampir semua bisnis di Indonesia memiliki media sosial. Media sosial digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Tapi umumnya, tujuan utama sebuah perusahaan di Indonesia menggunakan media sosial sebagai salah satu alat marketing.

Pengenalan produk ke target konsumen akan lebih mudah, karena di Indonesia sangat banyak orang yang menggunakan media sosial.

Instagram untuk bisnis

Saya akan membahas secara detail mengenai cara memanfaatkan Instagram untuk bisnis.

Pengguna Instagram di Instagram di Indonesia mencapai angka 22 juta pengguna. Angka tersebut cukup banyak dan membuat instagram masuk tiga besar sebagai media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Data yang dikutip dari cnnindonesia.com, persentasi pengguna Instagram di Indonesia adalah:

18 – 24 tahun : 58%

25 – 34 tahun: 30%

34 – 44 tahun : 11%

Sedangkan untuk gender:

Perempuan : 66%

Laki-laki : 37%

Dari data yang didapatkan, bahwa Instagram sangat cocok dimanfaat sebagai alat marketing untuk bisnis dengan target market usia 18 – 24 tahun.

Untuk gender, bisnis dengan target market laki-laki maupun perempuan masih bisa menggunakan Instagram sebagai alat marketing. Walaupun persentasi perempuan lebih tinggi dari laki-laki.

Melihat pengguna Instagram yang cukup banyak, saya akan memberikan sebuah panduan yang bisa menjawab sebuah pertanyaan seorang pemula bisnis saat menggunakan instagram.

Yaitu:

Panduan Cara Menambah Follower yang Berkualitas di Instagram untuk Bisnis

Disini saya menggaris bawahi sebuah kata, yaitu berkualitas.

Jadi, panduan yang akan saya sampaikan bukan sekedar panduan untuk menambah follower di Instagram. Tapi, panduan untuk menambah follower yang berkualitas yang akan berdampak terhadap marketing bisnis kamu.

Tanpa panjang lebar lagi langsung saja ke bab selanjutnya !

 

About Alfhi Nuri

Mahasiswa bisnis yang sedang berkuliah. Ingin menjadi seorang konsultan di masa yang akan datang.

Check Also

Menciptakan ide bisnis dengan cara memanfaatkan skill yang dimiliki

Semua orang yang terlahir di dunia ini pasti memiliki keahlian dan bakat. Entah keahlain dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *