Home / Bisnis Update / GO-JEK x BLUE BIRD : Peluncuran Fitur Go-Bluebird pada aplikasi Go-Jek

GO-JEK x BLUE BIRD : Peluncuran Fitur Go-Bluebird pada aplikasi Go-Jek

Tampilan Go-Bluebird : sindonews.com

Dua perusahaan transportasi terbesar di Indonesia yaitu Go-Jek dan Bluebird akhirnya mengumumkan kerja sama yaitu dengan meluncurkan Go-Bluebird.

Melalui layanan ini para pengguna Go-Jek bisa memilih untuk menggunakan transportasi Go-Car maupun Bluebird pada aplikasi Gojek.

Hal ini merupakan kelanjutan dari kerja sama antara dua perusahaan ini yang sudah berlangsung sejak Mei 2016 lalu. Sebelumnya, pengguna hanya bisa menggunakan taksi bluebird melalui fitur Go-Car saja.

“Go-Bluebird adalah kelanjutan dari kerjasama antara kami dan Blue Bird. Dengan adanya menu khusus ini, pengguna aplikasi GO-JEK memiliki pilihan tambahan berkendara dari layanan salah satu brand taksi kebanggaan Indonesia,” tutur Nadiem Makarim pada acara peluncuran Go-Bluebird, Kamis (30/3).

Pelucuran Go-Bluebird secara resmi : tribunnews.com

Kerja sama ini menurutnya akan memiliki dampak yang sangat baik terutama dari segi branding. Bluebird merupakan perusahaan taksi terbesar di Indonesia, keberadaan Go-Bluebird bisa memberikan positioning Go-Jek sebagai partner yang cukup strategis, begitu pula sebaliknya.

Sementara itu, keluncuran Go-Bluebird juga disambut positif oleh Adrianto Djokosoetono, Direktur dari PT Blue Bird Tbk. Menurut beliau, kehadiran Go-Bluebird sejalan dengan strategi multi-channel access yang selama ini dijalankan oleh Bluebird.

“Dengan Go-Bluebird, kami harap ini dapat menjadi salah satu tambahan kanal pemesanan yang semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan Bluebird” ungkap Adrianto.

Saat ini, Blue Bird memiliki sekitar 35 ribu armada, sementara Go-Jek telah diunduh sebanyak lebih dari 40 juta kali. Kerja sama in akan memberikan akses bagi pengemudi Bluebird dan armadanya dengan pengguna aplikasi Go-Jek.

Dengan kehadiran Go-Bluebird, skema pricing taksi Bluebird menjadi ada dua. Apabila pengguna menggunakan fitur Go-Car dalam pemesanan taksi Bluebird, maka ia harus membayar sesuai dengan tarif yang tertera dalam aplikasi Gojek.

Berbeda halnya jika pengguna menggunakan fitur Go-Bluebird dalam pemesanan taksi, maka aplikasi Go-Jek hanya akan menampilkan detail info mengenai estimasi tarif argometer yang perlu dibayarkan oleh pengguna.

Untuk pembayarannya sendiri, pengguna dibebaskan untuk menggunakan cash maupun Go-Pay.

Aplikasi My Blue Bird :
bluebirdgroup.com

Sebenarnya Bluebird sendiri sudah memiliki aplikasi pemesanan secara mandiri yaitu “My Blue Bird”. Namun, pengguna aplikasi ini masih kalah jauh dengan pengguna aplikasi Go-Jek.

Sekilas kita akan menduga bahwa layanan Go-Bluebird ini justru akan mematikan dan membuat layanan My Blue Bird menjadi tidak akan berkembang. Tetapi hal itu langsung ditepis oleh Direktur Bluebird. Bahkan beliau bisa memastikan bahwa fitur Go-Bluebird ini tidak akan mematikan layanan My Blue Bird.

About Fadli Rahmat

Check Also

Uber, Gojek, dan Grab Ajukan Poin Keberatan Soal Revisi Kemenhub

Kementerian Perhubugan (Kemenhub) memberikan revisi terkait  dengan peraturan sistem operasional Taksi Online seperti Uber, Gojek, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *