Home / Artikel Bisnis / Hampir Semua Startup Gagal saat Pertama Kali Launching

Hampir Semua Startup Gagal saat Pertama Kali Launching

Apakah sekarang kalian sedang merintis sebuah startup ? Hati-hati aja berujung dengan kegagalan.

Banyak startup yang berakhir dengan kegagalan. Tapi, masih akan ada dua nasib yang dapat menghampiri startup tersebut. Pertama startup itu gagal lalu hilang ditelan bumi, dan kedua startup tersebut gagal tapi mampu bangkit menjadi lebih hebat.

Hal tersebut tergantung dari founder startup tersebut, menyerah dengan keadaan  atau tetap berjuang untuk hasil yang lebih baik.

Kali ini saya akan berbagi artikel menarik mengenai kegagalan startup yang saya temukan. Artikel ini diambil dari teman saya sekaligus CEO dari agivest yaitu Taufic Hidayat.

Buat kalian yang belum tahu, agivest itu adalah sebuah platform investasi berjiwa kerakyatan dengan sistem gotong royong.

Taufic Hidayat : 98% startup gagal saat melakukan launching

Tau gak kalau 98% Startup itu GAGAL saat pertama kali launching ? Wow angka yang sangat fantastik.

Yap seperti itulah dunia StartUp yang gatau kenapa akhir akhir ini lagi ngehits banget. Untuk itu pendidikan startup dimana mana pasti sangat keras. Dari mulai tahap mentoring maupun penjurian nya.

Entah lu akan di sampah sampahin, dibilang gak becus lah, dan lain lain. Gua juga sering nyampahin orang si tapi itu hanya simulasi dari kenyataan yang ada dilapangan.

Itu semua dilakukan untuk memperkuat mental dari setiap startup founder. Kenapa itu sangat penting ? Karena di startup lu seakan naik roler coaster (kenapa kaya roler coaster, akan gua bahas lebih lanjut kemudian.)

Ketika mental lu kuat, lu gak akan kaget lagi ketika menerima kegagalan. Karena kegagalan yang berhujung pada pivot adalah hal yang hampir bisa dipastikan akan terjadi. Di sini lah lu dibina untuk mengerti bahwa memilih untuk menjadi Entrepreneur artinya lu memilih untuk jatuh dan bangun lagi.

Ah Taufic sotoy, hmmm btw gua dah 6x gagal di awal dan itu sudah menjadi hal yang sangat mainstream. Nangis juga pernah kok. Tapi dari sana gua ngambil banyakkk banget pelajaran yang bisa gua lakuin dan gua bagi ke orang orang di luar sana.

Tapi………..
Gua nemu data keren dari 500Startup, bahwa :

5-10% dari yang gagal itu akan menjadi 10X+ lebih berarti

Bahkan 1-2% nya akan jadi unicorn (Startup yang valuasi nya diatas 10 Triliun).

Hm menarik kok bisa yaaaa (dalam kesempatan lain akan gua bahas lanjutan nya).

Buat yang lagi bangun startup awas gagal dah pulang cuci kaki tidur aja. Yang belom jangan buat yaaa nanti gagal.

———-

Nah itu adalah artikel yang saya kutip dari Taufic.

Bisa kita lihat, dia membuat artikel ini berdasarkan pengalaman pribadinya. Taufic sudah banyak sekali mendapatkan pembelajaran mengenai startup, salah satunya ketika ia mengikuti kompetisi startup yang diadakan oleh telkomsel yaitu Next Dev.

Dari artikel tersebut kita bisa mengambil pelajaran.

Kita sudah hampir pasti akan mendapatkan kegagalan, tapi kegagalan bukan akhir dari segalanya. Kita masih bisa memilih apakah akan melanjutkan perjuangan atau menyerah. Kegagalan juga akan memperkuat mental kita sebagai pendiri startup.

Bagi penggiat startup jangan mudal menyerah saat menemukan kegagalan. Dibalik kegagalan itu pasti ada pelajaran yang bisa kita ambil.

About Alfhi Nuri

Mahasiswa bisnis yang sedang berkuliah. Ingin menjadi seorang konsultan di masa yang akan datang.

Check Also

Tutorial Menghitung Harga Pokok Produksi

Hallo Wirusians.. Bagi kalian yang sudah mulai membangun bisnis, masalah yang biasanya kalian temui paling …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *