Home / Panduan Bisnis / Langkah-langkah mencari ide bisnis

Langkah-langkah mencari ide bisnis

Bab 0 : Pendahuluan

Ide adalah sesuatu yang berharga di dalam bisnis. Gojek, Maicih, dan bisnis yang sukses lainnya berawal dari sebuah ide.

Sebagai orang yang ingin membangun sebuah bisnis, terkadang kita terpentok dalam menentukan ide bisnis.

Mendapatkan ide bisnis memanglah tidak mudah. Untuk mendapatkan ide bisnis yang benar-benar brilian, kita harus mendapatkannya melalui berbagai macam proses.

Ide Bisnis

Cr: Freepik

 

Seperti yang sudah disebutkan di paragraf pertama, ide adalah sesuatu yang berharga dalam bisnis. Banyak proses yang harus dilewati hingga mendapatkan suatu ide yang brilian.

Secara general ada dua cara untuk mendapatkan sebuah ide bisnis. Pertama lihat ke dalam diri kita sendiri, kedua lihat lingkungan sekitar.

Dari dua cara tersebut, saya akan membagi lagi kedua cara tersebut ke cara yang lebih detail dan spesifik agar memudahkan kita untuk memahami dan menerapkan langkah-langkah yang akan diberikan.

Kenapa banyak ide bisnis yang berujung pada kegagalan ?

Saat ingin membangun sebuah bisnis, pasti banyak ide yang terlintas dipikiran kita. Kemudian salah satu ide yang terlintas tersebut kita anggap sebagai ide bisnis yang brilian tanpa melakukan validasi.

Tanpa perencanaan yang matang, kita langsung mengeksekusi ide bisnis yang kita anggap brilian tersebut.

Bisa dipastikan, banyak dari ide bisnis yang kita anggap brilian tersebut akan berujung pada kebangkrutan atau kegagalan dalam waktu singkat.

Mengapa bisa terjadi hal seperti itu ? Karena kita belum melakukan planning dan validasi terhadap ide bisnis yang kita.

Memang seberapa besar pengaruh validasi dan planning terhadap bisnis yang kita bangun ? Sangat berpengaruh.

Apabila kita melakukan validasi terhadap suatu ide, kita akan mendapatkan real data mengenai kelayakan bisnis yang kita bangun. Tanpa data yang pasti, kita tidak akan mengetahui apakah ide bisnis kita benar-benar bisa dibutuhkan oleh market.

Selain validasi, kita juga harus melakukan planning. Dalam bisnis, planning sama halnya dengan pondasi. Tanpa adanya planning yang bagus, berarti bisnis kita tidak memiliki pondasi yang kuat.

Jadi, tanpa validasi kemungkinan besar produk atau jasa yang kita buat tidak akan ada yang mau membelinya. Tanpa planning yang matang, kemungkinan besar bisnis kita akan “hilang” dalam waktu yang tidak lama.

Dua faktor itulah yang biasanya menjadi penyebab mengapa bisnis yang kita bangun selalu tidak berhasil.

Memantapkan ide bisnis

Agar kita lebih yakin terhadap ide bisnis yang kita dapatkan, kita bisa menguji ide tersebut menggunakan metode validasi.

Sebenarnya ada banyak tools yang kita gunakan untuk menguji ide bisnis kita, seperti javelin board atau lean startup. Namun, kali ini saya hanya akan menjelaskan metode validasi yang sederhana untuk menguji ide bisnis kita.

Walaupun sederhana, output yang dihasilkan dari metode validasi tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan kalian sebagai orang yang baru akan memulai bisnis.

Cara mencari ide bisnis

Di panduan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mencari ide bisnis yang feasible untuk dilakukan.

Setelah menjelaskan cara mencari ide bisnis, saya akan memberikan contoh serta cara melakukan validasi terhadap ide bisnis tersebut.

Tanpa panjang lebar lagi, langsung aja sekarang kita belajar bagaimana cara mencari ide bisnis..

Check Also

Panduan memanfaatkan Instagram untuk bisnis (pendahuluan)

Bab 0 : Pendahuluan Indonesia memiliki jumlah pengguna internet sekitar 130  juta orang. Banyak sekali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *