Home / Artikel Bisnis / Arti, pengertian, dan penjelasan dari entrepreneur.

Arti, pengertian, dan penjelasan dari entrepreneur.

Halo sobat Weerus, mungkin kalian sering mendengar istilah entrepreneur di tv, blog, instagram, koran, sekolah, kampus, atau tempat umum lainnya. Tapi, kalian sudah tau apa itu entrepreneur ? Nah, kali ini saya akan menjelaskan mengenai arti dan pengertian dari entrepreneur.

Apasih sebenarnya arti entrepreneur itu ?

Kata entrepreneur itu diambil dari bahasa perancis “Entre” dan ”Prendre”. Istilah entrepreneur digunakan pertama kali oleh Richard Cantilon (1680 – 1734), seorang ahli ekonomi kebangsaan perancis, dia mengatakan bahwa entrepreneur adalah seseorang yang mau dan berani menanggung resiko dalam perekonomian.

Menurut Mark Casson, seorang profesor ekonomi, entrepreneur adalah seseorang yang ahli dalam mengambil keputusan dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas.

Menurut Wikipedia, entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Menurut businessdictionary.com, Someone who exercises initiative by organizing a venture to take benefit of an opportunity and, as the decision maker, decides what, how, and how much of a good or service will be produced.

Pada zaman modern ini, sangat banyak sekali pengertian dari entrepreneur. Tapi inti dari pengertian entrepreneur adalah seseorang yang inovatif, visioner, problem solving, risk-taker, dan tidak mudah menyerah dalam membangun sebuah bisnis.

Siapa orang yang bisa disebut entrepreneur ?

Apakah semua orang yang menjual sebuah barang atau jasa bisa dikatakan sebagai entrepreneur ? Jawabannya Tidak.

Saat membangun bisnis, seorang entrepreneur akan membuat sebuah sistem. Sistem tersebut akan memudahkan sang entrepreneur untuk mengembangkan bisnisnya. Disini juga akan terlihat perbedaan antara entrepreneur dan pedagang dalam menjalankan bisnisnya.

Pedagang saat membangun bisnisnya, mereka meng-handle bisnisnya dari hulu ke hilir. Mulai dari mengambil barang, penjualan, hingga perhitungan keuangan. Namun, seorang entrepreneur mereka akan membuat sistem dan tidak melakukan semua pekerjaan sendiri. Tujuannya agar, sang entrepreneur tersebut bisa merencanakan tentang pengembangan bisnis.

Sifat pengusaha

Biasanya, seorang entrepreneur berfikir tentang inovasi terhadap suatu produk yang akan dijualnya. Jadi mereka tidak hanya sebatas menjual produk. Produk yang dihasilkan  oleh seorang entrepreneur pasti memiliki perbedaan dibandingkan dengan produk lain yang sudah ada sebelumnya.

Contoh sederhana, kripik maicih. Kita bisa lihat banyak sekali inovasi (di saat pertama kali diluncurkan) yang ada di kripik maicih, mulai dari design packaging, pemberian level kepedasan, hingga cara penjualan. Hal tersebut bisa dihasilkan karena pendiri dan pencipta maicih, Reza Nurhilman, seorang entrepreneur yang berfikir kreatif saat menciptakan suatu produk.

Kemudian, biasanya seorang entrepreneur memiliki pemikiran problem solving. Ketika mereka menemukan sebuah masalah dalam bisnis yang sedang dibangun, mereka tidak lepas tangan atau menyerah. Namun, mereka akan selalu berfikir bagaimana cara memecahkan masalah tersebut agar target yang sudah direncanakan tercapai.

Seorang entrepreneur juga adalah seseorang yang berani mengambil resiko tinggi. Ketika membuat sebuah  produk atau membangun bisnis, entrepreneur akan bertemu dengan banyak pilihan. Mereka harus bisa memutuskan sesuatu dengan tepat, walaupun kadang memiliki resiko tinggi.

Tidak mudah menyerah. Saat mengalami masa-masa sulit, seorang entrepreneur tidak akan menyerah begitu saja. Mereka akan berfikir bagaimana cara keluar masa-masa sulit tersebut. Dan hal yang penting, seorang entrepreneur melihat suatu permasalahan / masa sulit adalah sebagai tahap pembelajaran untuk membangun bisnisnya nanti.

Nah, itu adalah arti, pengertian, dan penjelasan secara singkat mengenai entrepreneur. Jadi kalian sudah tahukan apa itu entrepreneur dan bedanya entrepreneur dengan pedagang ? Ayo sekarang kita menjadi seorang entrepreneur dan membantu Indonesia menjadi lebih baik lagi.

About admin

Check Also

Hampir Semua Startup Gagal saat Pertama Kali Launching

Apakah sekarang kalian sedang merintis sebuah startup ? Hati-hati aja berujung dengan kegagalan. Banyak startup …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *