Home / Artikel Bisnis / Karakteristik Pengusaha Sukses. Apakah Kamu Salah Satunya ?

Karakteristik Pengusaha Sukses. Apakah Kamu Salah Satunya ?

Kamu mau jadi seorang pengusaha yang sukses? Gimana sih caranya biar bisa jadi pengusaha yang sukses? Salah satu caranya adalah dengan mempelajari karakteristik yang dimiliki oleh pengusaha sukses. Dengan mempelajari karakteristik pengusaha yang sukses, kita bisa meniru karakteristik-karateristik tersebut agar bisa masuk ke dalam diri kita. Karakter karakter ini memang sudah teruji kehebatannya. Karakter-karakter ini bisa membawa kita menjadi pengusaha yang sukses.

Sifat dan kelakuan seseorang tercermin dari karakter yang dimilikinya. Karakter yang dimiliki oleh seseorang akan menentukan apakah orang itu akan menjadi sukses atau tidak. Terlebih bagi seorang pengusaha, sukses atau tidaknya seorang pengusaha sangat ditentukan oleh kepribadian dan karakteristik yang dimilikinya.

Berikut ini adalah … karakteristik yang dimiliki oleh seorang pengusaha sukses :

  • Peka terhadap peluang

Seorang pengusaha yang sukses biasanya sangat peka terhadap peluang yang ada di sekelilingnya. Mereka sangat suka memperhatikan lingkungan sekitar, mereka senantiasa mencari apa yang bisa mereka lakukan untuk lingkungan sekitar mereka. Bahkan mereka bisa menjadikan masalah yang ada di sekitar mereka sebagai suatu peluang bisnis. Setelah mereka menemukan masalah yang terjadi, mereka akan memecahkan masalah tersebut dengan suatu solusi yang inovatif. Setelah itu, mereka akan menjadikan solusi yang mereka buat sebagai produk mereka. Akhirnya solusi tersebut akan mereka tawarkan kepada masyarakat. Salah satu contoh pengusaha yang sangat peka terhadap peluang dan masalah adalah CEO Go-Jek yaitu Nadiem Makarim. Beliau melihat bahwa di Indonesia ini banyak sekali tukang ojek yang hanya menunggu konsumen mereka di pangkalan. Di sisi lain, konsumen merasa kesulitan jika ingin menggunakan jasa mereka. Akhirnya Nadiem Makarim menawarkan sebuah solusi yang sangat hebat yaitu Platform Go-Jek.

  • Selalu punya rencana

Seorang pengusaha selalu memiliki rencana atas apa yang akan dia lakukan. Bahkan biasanya pengusaha yang sukses sudah bisa membayangkan hasil yang akan terjadi. Mereka mempunyai pemikiran yang sangat kuat, sehingga mereka bisa membuat perencanaan secara detail. Meskipun demikian mereka juga selalu mempunyai rencana cadangan jika rencana awal tidak bisa dilaksanakan. Jika ada sesuatu yang berjalan diluar rencana, mereka biasanya akan mengatasinya dengan strategi yang mereka miliki dengan cepat.

  • Berorientasi pada aksi

Seorang pengusaha harus senantiasa berorientasi pada aksi. Setelah memiliki perencanaan yang matang, mereka akan langsung melakukan eksekusi untuk rencana tersebut. Rencana tak akan berarti apa-apa tanpa sebuah aksi. Mereka senantiasa bekerja keras untuk memastikan rencana yang telah mereka buat bisa menjadi kenyataan.

  • Mampu mengelola uang dengan bijaksana

Bisnis tidak selalu berkaitan dengan uang, meskipun demikian seorang pengusaha yang hebat sudah pasti bisa mengelola uang dengan baik. Mereka bisa menggunakan uang mereka dengan sangat bijaksana. Mereka selalu bisa menekan pengeluaran untuk kepentingan pribadi/keinginan, tetapi lain halnya untuk kepentingan bisnis, mereka tidak akan segan-segan mengeluarkan uang mereka untuk kepentingan bisnis (tentunya dengan perhitungan yang matang terlebih dahulu).

  • Senantiasa Melakukan Inovasi

Seorang pengusaha yang sukses senantiasa melakukan inovasi dalam bisnis mereka. Inovasi yang mereka lakukan baik itu dalam konteks produk yang ditawarkan, konsep bisnis, maupun membuka bisnis baru. Bisnis yang baik adalah bisnis yang senantiasa terdapat inovasi di dalamnya. Sehebat apapun bisnis kita sekarang, tanpa inovasi lebih lanjut bisnis kita bisa jatuh seketika. Salah satu contoh pengusaha yang terkenal karena inovasi yang dilakukannya adalah Steve Jobs. Hal ini bisa terlihat dari produk-produk penuh inovasi yang dikeluarkannya. Hampir setiap produk Apple laris manis dipasaran, hal ini tidak lain karena ide brilian Steve Jobs yang senantiasa melakukan inovasi. Bahkan sepeninggalnya beliau, saat ini pengaruh beliau terhadap produk-produk Apple masih sangat kental.

Sudahkah kalian memiliki karakter seperti seorang pengusaha yang sukses? Karakter-karakter inilah yang membuat seseorang bisa menjadi pengusaha yang sukses. Kita harus senantiasa belajar agar bisa mendapatkan karakter-karakter seperti yang telah diuraikan di atas.  Jika kita sudah memiliki karakter tersebut, sudah hamper bisa dipastikan kalau kita akan bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses. Aamiin.

 

 

About admin

Check Also

Hampir Semua Startup Gagal saat Pertama Kali Launching

Apakah sekarang kalian sedang merintis sebuah startup ? Hati-hati aja berujung dengan kegagalan. Banyak startup …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *