Home / Artikel Bisnis / Apa itu sociopreneur ? (Penjelasan)

Apa itu sociopreneur ? (Penjelasan)

Saat ini kalian akan membaca artikel mengenai apa itu sociopreneur ? Disini saya akan menjelaskan secara jelas mulai dari arti, penjelasan, dan contoh dari sosialpreneur.

Sosialpreneur

Sebenarnya tidak ada penjelasan pasti dari sociopreneur, hanya apabila diterjemahkan sociopreneur terdiri dari gabungan kata antara socio (sosial) dan –preneur (entrepreneur). Sebenarnya dari gabungan kata tersebut kita sudah bisa melihat makna dari sociopreneur itu sendiri.

Jadi sociopreneur adalah seseorang yang konsen terhadap pemecahan permasalahan sosial dari lingkungan sekitar yang bisa membantu dalam pemberian dampak ekonomi.

Penjelasan

Orang yang bergelut dibidang sociopreneur bukan berarti dia tidak mendapatkan profit sama sekali. Mereka tetap berorientasikan kepada profit, namun tujuan utama dari sociopreneur adalah membantu pemecahan masalah lingkungan sosial yang dipilih.

Sudah dibahas diatas, sociopreneur adalah gabungan kata dari socio dan –preneur. Dan seperti kita tau, salah satu tujuan seseorang menjadi entrepreneur (wirausahawan) untuk mendapatkan profit (uang).

Banyak orang yang mengira bahwa seorang sociopreneur tidak mendapatkan penghasilan sama sekali. Padahal itu adalah anggapan yang salah.

Banyak orang yang sukses menjadi seorang sociopreneur. Menjadi seorang sociopreneur juga bisa meningkatkan value diri kita. Karena saat menjadi sociopreneur kita tidak hanya memikirkan sendiri, kita juga memikirkan mengenai permasalahan orang banyak.

Percayalah, ketika kita berbagi hal positif kepada orang banyak. Pasti banyak hal positif juga yang bisa kita dapatkan. Mungkin saat ketika membangun bisnis berbasis sosial tersebut kita menemukan peluang bisnis baru atau bertemu dengan orang yang mau membantu kita untuk mengembangkan bisnis kita.

Tokoh inspiratif

dr Gamal Albinsaid adalah seorang contoh sociopreneur yang berhasil. Ia membuat sebuah sistem dimana orang bisa membayar biaya kesehatan dengan menggunakan sampah.

Dengan membangun bisnis sosial tersebut, dr Gamal Albinsaid memenangkan banya sekali penghargaan. Salah satu yang paling berharga adalah penghargaan HRH The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneurship First Winner 2014. Penghargaan tersebut diberikan oleh kerajaan inggris. Ia juga mendapatkan uang sebesar 50.000 euro untuk pengembangan usaha dan juga paket mentoring dari Universitas Cambridge.

Bisa kita lihat, dari sebuah kegiatan sociopreneurship, dr Gamal Albinsaid bisa mendapatkan penghargaan dari kerajaan Inggris. Dan pasti, sangat banyak sekali hal-hal yang ia dapatkan selain itu. Contohnya, bantuan finansial untuk kehidupan sehari-hari.

Nah, seperti itulah pembahasan mengenai sociopreneur. Mulai dari sekarang coba buka pikiran kita tentang sociopreneur. Karena dengan banyaknya jumlah sociopreneur di Indonesia, pasti negara ini sangatlah terbantu dalam perkembangannya. Sampai jumpa di artikel lain.

Check Also

Hampir Semua Startup Gagal saat Pertama Kali Launching

Apakah sekarang kalian sedang merintis sebuah startup ? Hati-hati aja berujung dengan kegagalan. Banyak startup …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *